Jumat, 29 April 2011

0 Robot Line Following

Date: Jumat, 29 April 2011 13.32
Category:
Author: Rado mjs
Share:
Responds: 0 Comment
Line Following adalah satu aplikasi robotik dimana robot akan bergerak menyusur lintasan berbentuk garis lurus dan kurva. Agar dapat bekerja demikian, robot harus memiliki kemampuan membaca lintasan – biasanya menggunakan warna hitam, dan menggerakan motor sesuai dengan posisi lintasan yang dibacanya.
Untuk memiliki kemampuan tersebut, robot harus dilengkapi dengan sensor garis – biasanya berupa pasangan pemancar dan penerima inframerah, serta dua buah motor (differential drive) yang arah dan kecepatan putarnya dikendalikan berdasarkan hasil pembacaan sensor garis.
Pada aplikasi line following tanpa diprogram – orang banyak menyebutnya line following analog, digunakan teknik PWM – Pulse Width Modulation yang diatur menggunakan VCO – Voltage Controlled Oscillator.
Pada aplikasi line following menggunakan program – yang implementasinya lebih mudah dan lebih fleksibel, pengaturan PWM dilakukan melalui program yang ditanam di dalam chip mikrokontroler.
Pada gambar di atas tampak Robot Edukasi dalam aplikasi Line Following.  Robot dilengkapi dengan sensor garis yang cukup lebar, sehingga mampu mengikuti garis lintasan dengan baik, termasuk lintasan berbentuk sudut lancip.
Robot menggunakan motor DC yang dilengkapi dengan gearbox, yang dapat memberikan torsi yang cukup untuk memutar roda robot hingga lebih dari 100 rpm dengan kondisi beban penuh (termasuk beban batere).
Aplikasi Line Following memberikan kesempatan yang luas dan terbuka untuk  penerapan berbagai teknik dan metoda, agar robot dapat bergerak dengan mulus dan cepat pada lintasan yang disediakan.
Aplikasi Line Following dapat diprogram dengan Bahasa Assembly, Bahasa C, Bahasa BASIC dan Bahasa Pascal.

Artikel Terkait :



Posting Komentar