Minggu, 06 November 2011

0 Rechargeable Battery dan Battery Charger

Date: Minggu, 06 November 2011 10.04
Category:
Author: Rado mjs
Share:
Responds: 0 Comment
Rechargeable Battery

Untuk memilih battery, perlu diperhatikan tegangan dan kapasitas battery selain juga ukuran dan beratnya. Tegangan yang dipilih sebaiknya tidak terlalu jauh dari tegangan yang dibutuhkan, hal ini dilakukan untuk menghindari disipasi panas yang terlalu besar pada regulator. Semakin besar perbedaan tegangan, maka daya yang dibuang untuk menurunkan tegangan semakin besar pula. W = VxIxt di mana V = perbedaan tegangan, I = arus yang dibutuhkan dan t adalah waktu.

Sedangkan kapasitas tergantung dari berapa arus yang dibutuhkan oleh robot dan berapa lama robot harus bekerja. Sebagai contoh battery dengan kapasitas 5000mAH seperti pada gambar di bawah ini, battery ini akan menghasilkan arus sebesar 5000mA atau 5A selama 1 hour atau 1 jam.




Untuk sistem mikrokontroler, bila diinginkan sumber daya yang betul-betul terpisah, dapat ditambahkan lagi battery yang lebih kecil kapasitasnya dengan tegangan yang lebih kecil pula seperti battery 6V / 1.3A pada gambar berikut




Battery Charger

Bagian yang tak kalah penting lagi adalah bagian pengisi battery atau Battery Charger. Agar battery yang diisi dapat berumur panjang maka perlu dihindari kondisi memory effect dengan membuang muatan battery terlebih dahulu sebelum proses pengisian dilakukan.

Battery Charger iMax B6AC adalah merupakan battery charger yang selain mengisi, juga dapat membuang muatan battery 0.1 – 1A. Battery charger ini juga dilengkapi LCD untuk monitoring pengisian untuk setiap selnya.




Battery charger ini juga dapat digunakan untuk pengisian battery Lithium Polimer atau Lipo. Selain itu sumber daya dari battery charger ini dapat menggunakan sumber daya AC 100V hingga 240VAC baik 50 atau 60Hz dan juga sumber daya DC 11 – 18 Volt DC

Artikel Terkait :



Posting Komentar